About

free counters

Kamis, 17 Mei 2012

Trichophyton mentagrophytes

Posted by Unknown on 13.06


Badan kadang merupakan tempat tinggal bagi sebagian jamur dan bakteri. Sebagian darinya berguna bagi orang itu sendiri,m dan yang lain di bawah kondisi tertentu dengan cepat menggandakan diri dan akhirnya menyebabkan peradangan dan infeksi. 
klasifikasi Taksonomi
Kingdom       :Fungi
Phylum         :Ascomycota
Class             :Euascomycetes
Order            :Onygenales
Family          :Arthrodermataceae
Genus           :Trichophyton    

Spesies         :Trichophyton mentagrophytes
Bentuk makroskopis Trichophyton mentagrophytes adalah merupakan tenunan lilin, berwarna putih sampai putih kekuningan yang agak terang atau berwarna violet merah. Kadang bahkan berwarna pucat kekuningan dan coklat.
Karakter dari jamur: merupakan jamur filamentous yang menyerang kulit yang menggunakan keratin sebagai nutrisinya. Keratin adalah protein utama dalam kulit, rambut dan kuku.
Athlete’s foot terjadi ketika jenis jamur tumbuh dan menggandakan diri pada kaki, terutama pada jari kaki, dan sedikit darinya menyerang tangan. Jamur ini (Trichophyton mentagrophytes) tumbuh dengan subur di area yang hangat dan lembab. Hal tersebut menjadi lazim apabila kita memakai sepatu berbahan platik atau berkeringat banyak. Athlete’s foot menular lewat kontak langsung atau hubungan dengan materi seperti sepatu, kaus kaki, atau permukaan kolam.
Athlete’s foot adalah suatu infeksi/peradangan yang berhubungan dengan kaki disebabkan oleh jamur. Istilah medisnya adalah tinea pedis. Penyakit tinea pedis disebabkan oleh hifa yang menyerang kulit pada jari kaki dan menyebabkannya jadi kering dan kawasan lesion yang bersisik. Lesion membesar bergantung kepada kelembapan. Seterusnya kulit akan merekah, pucat dan terdapat jangkitan sekunder dari bakteria yang menyebabkan gatal-gatal, lembap dan kawasan putih terbentuk di antara jari-jari kaki. Kulat yang menyebabkan Athlelet’ s foot berupaya tersebar di persekitaran. Ia menjangkiti tisu apabila sistem badan tidak dapat melawannya. Pencegahan athlete’s foot bergantung kepada keseimbangan kesihatan, kebersihan, kaki yang kering; faktor2 ini dapat menghalang kulat dari menumpang pada bagian badan. Agen antifungus seperti miconazole, biasanya efektif dalam menangani masalah ini.

PENYEBAB

Tubuh kita biasa menjadi inang dari organisme saprofit yang dapat menyebabkan infeksi. Athlete's foot adalah semacam penyakit yang disebabkan oleh jamur yang menginfeksi kulit. Jamur ini dapat bekerjasama dengan khamir ataupun fungi yang lain. Penyebab utama penyakit ini adalah Trichophyton rubrum dan T. mentagrophytes . Jamur yang menginfeksi kulit disebut dermatophytosis. Dermatophytosis dapat ditularkan oleh manusia, hewan atau mungkin juga dari tanah. Penularan yang disebabkan oleh manusia bersifat kronis. Jika manusia melakukan kontak dengan hewan yang terinfeksi maka dapat tertular. Hewan yang biasanya dapat menginfeksi manusia adalah kucing, anjing, kuda, burung dan hewan-hewan ternak. Untuk penularan melalui tanah sangat jarang terjadi tetapi dapat menyebabkan reaksi yang menghasilkan peradangan namun dapat dibatasi dan mungkin dapat sembuh dengan sendirinya walaupun meninggalkan bekas. Infeksi atau gangguan terjadi ketika jamur dermatophyta yumbuh dan bertambah banyak dalam kulit.

GEJALA

Penyakit ini terdapat diantara kuku jari. Jamur Athlete's foot dapat menyebabkan kerak air,pengelupasan dan rasa gatal pada kulit yang terinfeksi. Dapat juga menyebabkan kulit terbelah, pembengkakan dan rasa nyeri serta perih. Infeksi dapat menyebar hingga ke seluruh bagian tubuh seperti ketiak, lutut, siku, dan selangkangan.

PENGOBATAN

Karena jamur tumbuh subur dalam lingkungan yang lembab dan hangat maka  menjaga kaki agar tetap kering dan sejuk dapat menyembuhkan infeksi. Disarankan untuk menggunakan sandal terbuka atau bahkan bertelanjang kaki sesering mungkin.
Berjalan kaki dalam lingkungan yang lembab maka dapat menyebabkan infeksi pada orang lain dan membiarkan kaki dalam keadaan basah akan membantu jamu r untuk tumbuh. Menjaga kaki tetap bersih dan mengeringkannya setelah dicuci. Mengganti kaos kaki secara rutin setiap hari dan juga berganti sepatu.


Daftar Pustaka :
Anonim, 1980, Trichophyton mentagrophytes, Dermatosis in Wild Fox,  http://www.jwildlifedis.org/cgi/reprint/16/4/465.pdf, diakses tanggal 13 februari 2007
Anonim,2007,http://nyomankandun.tripod.com/sitebuildercontent/sitebuilderfiles/manual_p2m.pdf, diakses tanggal 13 februari 2007
Anonim, 2007, Mikosis (penyakit yang disebabkan oleh Kulat) ,http://www.fsas.upm.edu.my/~fidah/BGY4101/BGY4101Unit8.pdf, diakses tanggal 13 februari 2007
Anonim,2007,Athlete's foot,http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000875.htm, diakses tanggal 9 februari 2007
Anonim, 2007, http://www.doctorfungus.org/thefungi/Trichophyton.htm, diakses tanggal 21 februari 2007
Anonim, 2007, http://en.wikipedia.org/wiki/Athlete_foot", diakses tanggal 13 februari 2007

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site

 
  • Widget Islami


    Warna background


    music